FUNGSI DAN TUJUAN MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN
Mata pelajaran Prakarya dan
Kewirausahaan dapat digolongkan ke dalam pengetahuan transcience-knowledge, yaitu mengembangkan pengetahuan dan
melatih keterampilan kecakapan hidup berbasis seni, teknologi dan ekonomi.
Pembelajaran ini berawal dengan melatih kemampuan ekspresi-kreatif untuk
menuangkan ide dan gagasan agar menyenangkan orang lain. Kemudian,
dirasionalisasikan secara teknologis sehingga keterampilan tersebut bermuara
apresiasi teknologi terbarukan, hasil ergonomis dan aplikatif dalam
memanfaatkan lingkungan sekitar dengan memperhatikan dampaknya terhadap
ekosistem, manajemen dan ekonomis
A.
FUNGSI
Kehidupan dan
berkehidupan manusia membutuhkan keterampilan tangan untuk memenuhi standar
minimal dan kehidupan sehari[1]hari sebagai
kecakapan hidup. Keterampilan harus menghasilkan karya yang menyenangkan bagi
dirinya maupun orang lain serta mempunyai nilai kemanfaatan yang sesungguhnya.
Maka, pelatihan berkarya dengan menyenangkan harus dimulai dengan memahami
estetika (keindahan) sebagai dasar penciptaan karya selanjutnya. Pelatihan
mencipta, memproduksi dan memelihara karya dalam memperoleh nilai kebaruan
(novelty) akan bermanfaat untuk kehidupan manusia selanjutnya.
Prinsip
mencipta, yaitu memproduksi (membuat) dan mereproduksi (membuat ulang)
diharapkan meningkatkan kepekaan terhadap kemajuan zaman sekaligus
mengapresiasi teknologi kearifan lokal yang telah mampu mengantarkan manusia
Indonesia mengalami kejayaan di masa lalu.
Oleh karenanya, pembelajaran
Prakarya dan Kewirausahaan di tingkat sekolah lanjutan atas didahului dengan
wawasan tentang kearifan lokal di lingkungan sekitar menuju teknologi
terbarukan. Pembelajaran dimulai dengan memahami fakta, prosedur, konsep maupun
teori yang ada melalui studi perorangan, kelompok maupun projek agar memberi
dampak kepada pendidikan karakter yang berupa kecerdasan kolektif. Hasil
pembelajaran melalui eksplorasi alami maupun buatan (artificial) ini akan
memanfaatkan sebagai media sekaligus bahan pelajaran.
Sumber: Kemdikbud,
2016 Gambar 1.2 Proses Penciptaan Karya
B.
TUJUAN
Tujuan Prakarya dan Kewirausahaan
dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Memfasilitasi peserta didik berekspresi kreatif
melalui keterampilan teknik berkarya ergonomis, teknologi dan ekonomis.
2.
Melatih keterampilan mencipta karya berbasis
estetika, artistik, ekosistem dan teknologis.
3. Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya
seni dan teknologi melalui prinsip kreatif, ergonomis, higienis, tepat[1]cekat-cepat, dan
berwawasan lingkungan.
4. Menghasilkan karya yang siap dimanfaatkan dalam
kehidupan, bersifat pengetahuan maupun landasan pengembangan ber[1]dasarkan teknologi
kearifan lokal maupun teknologi terbarukan.
5. Menumbuh kembangkan jiwa wirausaha melalui
melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi), mengemas, dan usaha menjual
berdasarkan prinsip ekonomis, ergonomis dan berwawasan lingkungan


Tidak ada komentar:
Posting Komentar